Senin, 04 Januari 2016

CATATAN SI ENUM

Enum, biasa digunakan untuk menyebut sebuah profesi di bidang survei. Enumerator istilah lengkapnya, tugas utamanya wawancara/mengumpulkan data lapangan. Banyak yang bilang kalau jadi enumerator adalah sebuah kutukan. Konon katanya orang yang sudah masuk ke dunia survei akan susah keluarnya. Bekerja di dunia survei membuat sebagian enum terlena oleh nikmatnya pekerjaan ini. Pada akhirnya banyak di antara kami yang gagal move on, enggan berpindah ke pekerjaan lain yang menetap. Inilah salah satu pekerjaan idaman para traveler, bisa jalan-jalan gratis dapet duit pula. Wilayah kerjanya mencakup seluruh pelosok Nusantara, jadi akan sangat menyenangkan bagi para penyuka jalan-jalan.
  
Mulai dari beberapa hari hingga bulanan, kami berpetualang di seantero Nusantara. Meneroka belantara, melintas sungai, menyeberang lautan, mendaki gunung lewati lembah. Hanya untuk menemui responden atau sekadar jalan-jalan melepas penat. Di lain waktu kami harus bergelut dengan debu dan polusi kota besar dengan kemacetan serta terik matahari yang begitu menyengat tanpa ampun. Seringkali dikira debt collector lah, orang dealer lah, sales obat lah, apalah apalah. Kadang diberi sajian mewah oleh tuan rumah, hingga disambut dengan acungan parang dan teriakan (untung cuma disambut, ga sampe disambit).

Inilah pekerjaan kami, bekerja di lapangan. Penuh suka-duka, cinta-benci, senang-susah, dan berbagai perasaan campur aduk lain. Di sini pula dapat ditemukan realita yang tak terduga, dari yang membuat kita berdecak kagum hingga merasa miris teriris. Rasanya sangat disayangkan jika cerita ini hanya mengendap menjadi kenangan yang mudah terlupakan. Melalui Catatan si Enum ini, tertulis beberapa catatan perjalanan selama "ngenum". Cuma untuk mengabadikan kisah perjalanan dan sekadar mengisi waktu luang penulis yang begitu selo.

Jawa Barat

Nusa Tenggara Timur

Sumatera Utara

Papua Barat (Teluk Bintuni dan Fakfak, Raja Ampat)

Nusa Tenggara Barat

Kalimantan Barat

Aceh

Sumatera Barat




Tidak ada komentar:

Posting Komentar